Ngeri! Inilah 10 Penyebab Motor Terbakar

Kasus motor yang terbakar saat digunakan berkendara memang bukan menjadi hal yang baru di telinga kita. Tentu banyak yang pernah mendengarnya atau bahkan melihat secara langsung.

Hal ini menjadi suatu peristiwa atau kejadian yang begitu berbahaya dan menyeramkan karena tidak hanya membahayakan pengendara itu sendiri, melainkan juga beresiko membahayakan pengendara yang lain juga.

Setelah melihat kejadian atau peristiwa yang terjadi tersebut, tentunya kalian akan berpikir atau bertanya-tanya dalam hati, "kok bisa?". Mungkin, terlintas bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya.

Apa memang mungkin, kesalahan sedikit bisa membuat fatal pengendara lain, terutama bagi kita sendiri? Maka, mari kita simak penyebab motor terbakar.

Penyebab Motor Terbakar

Penyebab Motor Terbakar
Penyebab Motor Terbakar, via theatlantic.com

1. Modifikasi yang Terlalu Ekstrem

Penyebab motor terbakar yang pertama ialah modifikasi yang terlampau ekstrem. Adanya modifikasi ekstrem tersebut tak menggunakan komponen yang saling mendukung (support) satu sama lain, sehingga bisa tejadi korsleting di antara komponen-komponen yang dimodifikasi.

Memang, apa dampaknya? Jika komponen tersebut tak saling selaras atau tak saling mendukung satu sama lain, saat mesin dinyalakan, terjadi potensi terbakar.

Bagi Anda yang memang gemar melakukan modifikasi, apalagi sampai berlebihan, hati-hatilah dalam merakit komponen tersebut. Sementara itu, berkendara di medan yang sulit atau ekstrem juga bisa menjadi salah satu penyebab motor terbakar.

2. Kebocoran Oli dan Bahan Bakar pada Kendaraan

Seperti bensin, solar, oli transmisi, oli dan bahan bakar yang lain menjadi zat cair di mana zat ini begitu beresiko yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Salah satu penyebab terjadinya kebakaran pada kendaraan saat sedang dipergunakan ialah kebocoran dari selang atau bahkan tangki bahan bakar.

Yang perlu Anda ketahui, hal ini yang juga menjadi faktor utama penyebab terjadinya kebakaran pada kendaraan roda dua milik Anda.

Kejadian yang seperti ini sendiri kemungkinan terjadi pada motor sistem karburator. Untuk motor injeksi, jarang ditemukan adanya kasus atau masalah seperti ini. (Baca juga : Ingin Tetap Awet? 13 Cara Ini Cara Merawat Motor Injeksi (Wajib Tahu))

Untuk bisa meminimalisir resiko yang terjadi, pastikan selang dan tangki bahan bakar selalu dalam kondisi yang safety, guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

3. Korsleting dari Kabel Kelistrikan

Kabel Kelistrikan Motor
Kabel Kelistrikan Motor, via news.okezone.com

Penyebab yang paling sering terjadi menjadi akibat korsleting dari kabel kelistrikan.

Penyebabnya, bisa jadi kabel body kelistrikan itu tidak tetap atau bahkan cara penyambungan yang salah. Tidak hanya itu saja, penempatan kabel dan alat pengikat juga menentukan posisi di setiap percabangan.

Posisi yang paling vital terjadi korsleting berada di seputar rumah komstir atau bagian yang memiliki hubungan dengan stang motor. Karena komstir sendiri sering gerak ke kanan dan kiri, kabel utama diusahakan jangan diikat.

Baiknya untuk diselipkan di rangka atau besi behel yang memang berguna sebagai rumahnya. Dengan cara ini, mampu menghindari kabel yang putus akibat tidak bebas.

Jika kabel tidak bebas, maka bisa mempengaruhi pada fungsi kontrol, seperti pada kabel gas, rem, speedometer dan lain sebagainya.

Pilihan editor :


4. Pengisian Bahan Bakar yang Luber

Tidak hanya kebocoran oli dan bahan bakar saja, wajib diperhatikan pengisian bahan bakar yang sebaiknya tak sampai luber.

Lebih baiknya isi hingga batas aman yang sudah ditentukan oleh pabrikan, yaitu hingga sebatas leher lubang bahan bakar. Apabila meluber, segera dikeringkan sisa bahan bakar tersebut, agar tak terkena oleh percikan bunga api.

5. Mesin yang Terlalu Panas

Penyebab lain yang bisa terjadi ialah mesin yang terlalu panas atau bisa disebut dengan overheating. Saat overheat, malah kendaraan tetap dipaksa untuk digunakan atau bahkan dikendarai. (Baca juga : (Info Penting) 12 Penyebab Mesin Motor Gampang Panas!)

Alangkah baiknya untuk meminggirkan dan mengistirahatkan dahulu motor karena masing-masing tentu memiliki batas wajarnya yang jangan sampai berlebihan dipergunakan.

Beberapa penyebab mesin bisa overheat, seperti :
  • Berkendara jauh dalam kecepatan tinggi
  • Terlalu menahan di RPM maksimal
  • Pendingin mesin sedang bermasalah

6. Akibat Motor Jarang Diservis

Motor jarang diservis

Penyebab motor terbakar yang terakhir ialah motor jarang diservis, yang mampu menimbulkan berbagai macam efek atau dampak yang buruk.

Jika motor tak dirawat secara berkala, mengakibatkan kondisi part dan mungkin fungsi yang tak akan bekerja dengan sebagaimana mestinya, alhasil mesin susah dihidupkan. Bensin boros, tak ada tenaga, bahkan bisa hingga mogok. (Baca juga : Wajib Antisipasi, Ini 6 Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak)

Tidak hanya itu saja, motor terbakar juga karena sistem kelistrikan dan beberapa komponen lain sudah tak lagi bisa bekerja dengan baik, berbeda saat baru keluar dari pabrik. (Baca juga : Wajib Diperhatikan! 10 Cara Merawat Motor Baru)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngeri! Inilah 10 Penyebab Motor Terbakar"

Posting Komentar