Gampang! 12 Cara Merawat Body Motor agar Kinclong dan Sangar

Semua pasti sependapat jika penampilan itu penting. Sama halnya penampilan diri manusia, penampilan dari kendaraan, utamanya sepeda motor juga menjadi suatu keharusan.

Dengan sepeda motor yang kinclong, bersih dan rapi, tentu sang pengendara akan jauh lebih percaya diri saat mengendarai motor dengan body yang bersih nan kinclong. Bandingkan dengan sepeda motor yang memiliki body cat pudar, tentu tak akan nyaman sama sekali.

Cat body motor yang pudar sungguh tak nyaman dikendarai dan malu apabila dilihat oleh orang lain ataupun pengendara lain, karena menganggap kita tak bisa merawat motor dengan sebaik mungkin.

Tentunya, ada beberapa faktor yang bisa membuat motor menjadi lebih kotor. Yang paling umum, karena terkena oleh debu dan cipratan dari genangan air yang ada di jalan. Terlebih, jika jalanan tersebut berlumpur.

Berikut ini ada beberapa tahapan cara merawat cat body motor agar tetap kinclong dan awet, sehingga bisa nyaman saat digunakan berkendara.

Cara Merawat Body Motor agar Tetap Kinclong

Cara Merawat Body Motor
Cara Merawat Body Motor, via sains.kompas.com

1. Parkirkan Sepeda Motor di Tempat yang Teduh

Langkah paling utama dalam cara merawat body motor agar tetap kinclong ialah untuk senantiasa membiasakan memarkirkan motor di tempat yang teduh.

Bisa itu memarkirkannya di bawah atap bangunan, di bawah pohon, di bawah bayang-bayang rumah, atau apapun itu, yang terpenting tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Walaupun memang poin pertama ini terlihat begitu sepele, seperti yang sudah dijelaskan di atas jika sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari, ternyata bisa merusak cat motor, walaupun itu tak terlihat sekarang, tapi nanti efek yang baru akan dirasakan.

Sementara itu, juga jangan berpatokan terhadap waktu parkir kendaraan itu sendiri. Walau hanya parkir sebentar, diusahakan diparkirkan pada tempat yang teduh, tanpa harus pikir panjang.

Apalagi saat bepergiaan di ruangan terbuka (outdoor), maka Anda harus sepandai mungkin untuk memilih slot kosong yang berada di bawah atap tempat parkir, demi kenyamanan motor Anda sendiri.

Karena, apabila cat pada body motor sudah redup atau sudah mulai memudar, dicuci dengan menggunakan metode apapun juga tak akan pernah bisa mengkilap seperti semula. Sudah menjadi resikonya!

Tips : Usahakan sebisa mungkin jika berkunjung ke tempat wisata, carilah tempat parkir yang ada atapnya. Jika itu ada yang renggang sedikit, cobalah untuk memarkirkan, walau harus repot sedikit, tapi tidak apa-apa.

2. Hindari Terlalu Sering Penggunaan Cairan Pengkilap Motor

Cairan pengkilap motor memang bisa dikatakan cukup ampuh dalam membuat body motor untuk kembali mengkilap. Akan tetapi, kabar buruknya, semua itu hanyalah seketika saja dan tentu berefek suatu saat nanti.

Dibalik kemampuan yang bisa mengkilapkan body motor tersebut, ternyata komposisi dari cairan ini terdiri atas zat kimia yang bersifat keras. Bahaya apabila digunakan terlalu sering!

Apabila digunakan terlalu sering, bisa berakibat fatal di mana cat motor dan body akan lebih cepat memudar. Boleh saja digunakan, tetapi jangan keseringan, ingat!

Tips : Cukup cucilah kendaraan bermotor dengan menggunakan air bersih yang mengalir, atau juga bisa dengan diguyur menggunakan air gayung. Sesekali gunakan cairan pengkilap jika ingin, jika tidak perlu tidak usah.

3. Hindari Terkena Air Hujan Terus-menerus

Bawalah sepeda motor sebagaimana mestinya. Terkena sinar matahari secukupnya dan terkena air hujan juga secukupnya saja.

Mengapa harus dihindari kedua hal tersebut? Di sini kita membahas air hujan, karena air hujan ternyata tidak hanya mengandung air saja, melainkan ada asam di dalamnya.

Asam inilah yang apabila dibiarkan pada motor secara terus-menerus dan tidak dibersihkan, bisa membuat kotor, plak dan bahkan membuat cat body motor menjadi memudar.

Tidak hanya itu saja, jika mengenai kerangka besi pada motor, maka bagian motor tersebut akan berkarat dan pada akhirnya keropos seperti batang spion yang mengalami karatan apabila harus direlakan terkena hujan terus-menerus.

Alangkah baiknya saat gerimis tiba, cobalah untuk tetap hati-hati berkendara karena perjalanan masih tetap bisa dilanjutkan dengan baik. Namun, tetap melihat keadaan dan kondisi sekitar.

Jika sudah terkena hujan yang begitu deras, menepilah. Jangan memaksakan kendaraan untuk tetap melaju sebagaimana mestinya. Menepi sejenak tak ada salahnya. Jika nekat tetap melaju juga berbahaya karena jarak pandang menjadi berkurang.

Tips : Apabila sudah terpaksa terkena air hujan, cobalah saat sudah di rumah cuci menggunakan air bersih agar zat asam pada hujan menetes dan bisa diatasi oleh air bersih. Sehingga, cat body motor tetap masih aman.

4. Setelah Dicuci, Usahakan Lap Hingga Bersih

Mencuci motor memang bukanlah suatu kewajiban, melainkan menjadi suatu keharusan bagi Anda yang ingin tampil lebih percaya diri lagi.

Saat mencuci motor, bersihkan dengan baik, sehingga tidak ada kotoran yang tersisa dan menempel pada body motor. Karena apabila nanti kering, akan terlihat jelas mana yang sudah bersih dan mana yang belum.

Sementara itu, tidak hanya saat mencuci motor saja, saat pengelapan juga harus diperhatikan karena ini penting.

Usahakan saat mengelap, benar-benar air bersih yang menempel tersebut bisa hilang atau bisa mengering istilahnya, sehingga Anda tidak double melakukan pekerjaan ini.

Usahakan juga menggunakan lap motor yang berkualitas, agar hasilnya bisa merata dan tetap bagus bagi sepeda motor.

Tips : Jangan pernah mengusap atau mengelap sepeda motor saat masih ada debu atau kotoran kecil yang menempel, karena bisa membuat motor menjadi lecet oleh debu atau kotoran tersebut. Cuci hingga benar-benar bersih!

5. Hindari Terkena oleh Debu Bangunan

Motor yang Berdebu
Motor yang Berdebu, via gridoto.com

Cara merawat body motor yang ke-5, pantangannya bukan hanya sinar matahari dan air hujan saja, melainkan ada juga debu bangunan.

Apabila terpaksa sudah terkena oleh debu bangunan, jangan dilap secara langsung motor tesebut. Siram terlebih dahulu body motor yang terkena debu bangunan.

Setelah disiram, jangan lupa untuk mengelapnya juga, sehingga debu yang menempel bisa hilang.

Jangan terkena oleh debu bangunan terlalu lama, karena apabila menempel terlalu lama, bisa mengakibatkan cat body motor menjadi memudar.

7. Hindari Pemasangan Stiker yang Murah atau Abal-abal

Sebenarnya, memasang atau penggunaan dari stiker bisa membuat tampilan motor menjadi lebih ciamik, namun ya memiliki kekurangannya, kurang baik untuk cat motor.

Mengapa kurang baik? Karena pemasangan stiker bisa menimbulkan bekas lapisan pelindung cat yang juga akan ikut terkelupas. Jika memang ngotot ingin memasang stiker, gunakanlah stiker yang berkualitas.

Tidak menggunakan stiker juga tidak apa-apa, karena motor tanpa stiker juga terlihat keren dengan tampilan yang begitu simple, enak dipandang.

Tips : Jikalau menggunakan stiker, sama halnya scotlite, jangan menggunakan hingga bertahun-tahun. Sebelum berusia 1 tahun dilepas dan ganti dengan yang baru apabila ingin menggunakan stiker lagi.

8. Sebisa Mungkin Hindari Sinar Matahari secara Langsung

Perlu diketahui, seperti yang sudah ada pada poin-poin sebelumnya, sinar matahari memiliki sinar ultraviolet yang tidak bagus bagi kehidupan manusia.

Apalagi untuk motor, bisa merusak lapisan cat motor. Bisa coba tempatkan sepeda motor di tempat yang teduh.

Jika air hujan mengandung zat asam, maka sinar matahari memiliki sinar ultraviolet yang berbahaya bagi sepeda motor.

Tips : Carilah tempat yang teduh, di mana tempat teduh itu juga aman untuk parkir sepeda motor. Jika memang tidak sempat, ya boleh tapi jangan kelamaan memarkirkannya jika Anda begitu sayang terhadap motor Anda.

9. Saat Terkena Minyak, Segera Hindari

Saat motor Anda terkena oleh minyak, terutama oleh minyak rem di mana kemungkinan bisa mengenai body motor, segeralah untuk bershihkan minyak tersebut.

Bersihkan minyak tersebut dari body motor Anda dengan menggunakan kanebo atau yang sejenisnya, sehingga tidak merusak body motor dengan tekstur yang halus dan lembut.

Sementara itu, untuk menghindari terjadinya lagi minyak pada body motor kesayangan Anda, cobalah untuk cek minyak pada rem, apa ada yang keluar atau tidak dan pada bagian shock.

Tips : Apabila ternyata ada minyak yang keluar dari 2 bagian tersebut, lebih baik bawa ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut agar tidak merambat ke mana-mana.

Rekomendasi artikel :

10. Gunakan Shampoo Khusus, Bukan Deterjen

Gunakan Shampoo Khusus
Gunakan Shampoo Khusus, via gridoto.com

Cara merawat body motor yang ke-10 ialah hindari penggunaan deterjen saat mencuci sepeda motor dan gunakan shampoo khusus untuk sepeda motor saat mencuci motor.

Mencuci motor dengan menggunakan deterjen bisa menimbulkan terjadinya pengelupasan pada cat body motor. Maka dari itu, pilih dan gunakan shampoo motor yang tepat.

Jangan pernah sesekali mencoba mencuci menggunakan deterjen, jangan pernah dan jangan mencoba.

Tips : Lebih baik cuci dengan menggunakan air bersih, daripada harus mencucinya dengan deterjen yang buka seharusnya digunakan.

11. Cuci Motor secara Berkala

Cuci dan bersihkan motor secara berkala, paling tidak 1 minggu sekali, maksimalnya 2 minggu sekali.

Jangan terlalu jarang mencuci motor, karena hal tersebut bisa menyebabkan kotoran atau berbagai macam debu yang menempel dan menumpuk.

Apabila debu dan kotoran tersebut menumpuk, pada akhirnya bisa menyebabkan pengelupasan pada cat body motor dan mampu menimbulkan warna kusam pada body motor.

Jangan pernah malas atau jangan beralasan sibuk, karena tentunya ada sedikit waktu luang. Jika ingin bersih, rapikan, jangan malas.

Jika malas, masih ada tempat pencucian motor yang berada di pinggir jalan yang siap membersihkan motor Anda.

Tips : Cuci motor secara berkala, jangan menunggu hingga debu atau kotoran menempel, karena pada dasarnya, barang itu perlu dijaga dan dirawat.

12. Mempergunakan Scotlite

Sebenarnya, fungsi dari scotlite ini hampir mirip dengan stiker, di mana bisa mempercantik dan untuk scotlite bisa menjaga cat body sepeda motor.

Akan tetapi, kekurangannya ya sama, jika digunakan berlama-lama, justru tidak melindungi lagi, melainkan bisa membuat rusak cat pada body motor.

Jika ingin memasang atau menggunakan scotlite, gunakan scotlite yang berkualitas dan abal-abal. Pemasangannya juga harus jeli, agar tidak ada yang tersisa.

Tips : Jangan gunakan scotlite bertahun-tahun lamanya, cukup maksimal 1 tahun demi menjaga cat body motor agar awet dan tetap kinclong. (Baca juga : Jitu! 13 Cara Merawat Motor dengan Baik, agar Tetap Awet Digunakan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gampang! 12 Cara Merawat Body Motor agar Kinclong dan Sangar"

Posting Komentar