Jangan Disepelekan! 6 Bahaya Ban Motor Gundul/Halus

Ban motor seiring dengan berjalannya waktu, pasti akan aus atau gundul.

Hal tersebut biasanya ditandai dengan habisnya alur kembangan yang ada pada ban, alias gundul atau botak.

Jika ban sudah gundul, alangkah baiknya bisa langsung diganti dengan ban yang baru. Masalahnya, jika ban gundul tetap saja dipakai, bisa berbahaya.

Maka dari itu, mari kita lihat lebih jauh dan lebih dalam mengenai bahaya ban motor gundul, jangan disepelekan!

Bahaya Ban Motor Gundul

Bahaya Ban Motor Gundul
Ban Motor Gundul, via pakmono.com

1. Mudah Bergoyang saat Melalui Jalan yang sedang Diperbaiki

Waspada jika sedang mengendarai sepeda motor di jalan yang sedang dilakukan renovasi, karena biasanya renovasi jalan itu dilakukan sebelah-sebelah, tidak langsung 1 jalan penuh sekaligus.

Akibatnya, sebelah jalan yang direnovasi atau diperbaiki tentu jauh lebih tinggi. Jika ban gundul melewati batas atas dan batas bawah aspal, mudah bergoyang karena ban yang tipis tersebut.

2. Mudah Terpeleset di Jalanan yang Berpasir

Tentu tidak ada yang tahu kondisi jalanan yang ada di depan, apakah aman atau ternyata berpasir yang jelas-jelas bisa membahayakan pengendara, terutama bagi pengendara sepeda motor.

Apabila kondisi ban motor gundul dan dipaksakan melalui jalanan yang berpasir, alangkah baiknya berhati-hati, karena sangat licin, bisa terpeleset.

3. Ban Gundul Layaknya Ban Kempes

Jalanan yang panas akibat dari efek matahari yang begitu terik, tidak hanya mempengaruhi pengendara saja karena saking panasnya, melainkan berpengaruh juga terhadap ban motor.

Akibat pemanasan kalor yang terjadi, maka ban sepeda motor mudah mengembang dan tidak nyaman untuk dikendarai, seperti halnya ban yang kempes.

4. Sangat Licin saat Kondisi Hujan

Tidak hanya saat panas menyengat saja, sama halnya dengan musim hujan. Alangkah baiknya, apabila mengerem jangan terlalu mendadak, karena efeknya yang licin.

Hal ini sangat berbahaya, di mana jalanan aspal yang dalam keadaan basah, ban tidak akan terlalu menggigit akan medan yang dilampaui, alhasil bisa terpeleset juga.


5. Mudah Mengalami Kebocoran Ban

Sedikit saja ban yang sudah gundul terkena benda tajam, walaupun itu hanya duri, mudah bocor dan hal ini pasti dialami oleh sebagian besar pengendara.

Pada akhirnya, pengendara sering-sering menuju ke tambal ban terdekat dan mengeluarkan uang lebih banyak.

6. Berbahaya saat Manuver

Ban yang sudah gundul, memiliki kualitas pengendalian yang tak sebaik ban kembang normal. Ban gundul juga tak memiliki daya cengkeram baik terhadap jalanan berpasir, bahkan jalanan aspal sekalipun.

Akibatnya, ban halus tersebut apabila dipaksa digunakan untuk menikung, bisa saja tergelincir karena licin dan tidak bisa lagi mencengkeram dengan baik pada jalanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Disepelekan! 6 Bahaya Ban Motor Gundul/Halus"

Posting Komentar