Harus Tahu! Pengertian Ban Cacing dan Bahayanya

Ban menjadi salah satu bagian atau komponen penting pada sepeda motor. Sebagus-bagusnya kapasitas mesin motor dan ditambah dengan body yang cantik, tak akan ada manfaatnya apabila tidak bisa digunakan.

Untuk bisa digunakan melaju di jalan raya, maka dibutuhkanlah ban. Ban ibarat kaki pada makhluk hidup. Jadi, ban mempunyai peranan penting dalam setiap kendaraan, baik itu sepeda motor, mobil, kendaraan berat, dan lain sebagainya.

Lebih jauh tentang ban, masih banyak anak-anak, bahkan di bawah umur, yang konotasinya "alay", mengganti ban motor dari yang standar, menjadi ukuran ban yang paling kecil.

Apabila selisih ukuran tersebut tak jauh dengan ukuran ban standar, tak terlalu bermasalah. Akan tetapi, apabila ukurannya begitu kecil, bisa mengakibatkan banyak kejadian fatal, baik itu bagi diri sendiri, maupun bagi pengendara lain.

Membahas mengenai ban cacing, bagi Anda yang belum tahu apa itu ban cacing, mari kita simak lebih dalam mengenai pengertian ban cacing beserta dengan penjelasan yang lebih mendalam.

Pengertian Ban Cacing

Pengertian Ban Cacing
Ban Cacing, via gilamotor.com

Masih banyak orang dewasa, remaja atau bahkan anak-anak yang belum mengetahui ban cacing itu apa. Atau bahkan, sekadar hanya mendengar perkataan dari teman, tanpa mengerti maskud dari ban cacing.

Ban cacing adalah ban kecil. Jadi, maksud dari ban cacing adalah ban yang memiliki ukuran kecil, lebih kecil dari ban ukuran semula sepeda motor baru yang dibeli.

Fenomena ban kecil ini merebak dengan luas dan kian merajalela di ranah anak muda. Ya, karena anak muda memiliki sifat ingin tahu lebih tinggi dari anak-anak atau bahkan orang dewasa.

Sebenarnya, penggunaan dari ban cacing ini berbahaya, karena ukuran ban yang di bawah standar. Bahkan, digunakan melaju kencang dan mengerem mendadak juga bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Apakah Ban Cacing Bisa Digunakan Sehari-hari?

Ban Cacing Digunakan Sehari-hari
Ban Cacing pada CBR250RR, via macantua.com

Ban tipis, ban kecil atau ban cacing ini diproduksi seharusnya dipergunakan hanya untuk keperluan balap saja. Jadi, begitu salah apabila digunakan dalam berkendara sehari-hari di jalanan umum atau jalan raya.

Sementara itu, bagi para pengendara yang menggunakan ban cacing sebagai berkendara sehari-hari, wajib mendapatkan edukasi atau pembelajaran secara lebih lanjut. Ukuran ban ini tak sesuai dengan standar OEM (pabrikan) untuk penggunaan harian, melainkan khusus untuk balap.

Bahkan, pada sisi ban IRC Speed King sudah ditulis "for race only", sehingga para pembeli paham akan penggunaan ban ini. Karena, unsur safety dari ban cacing ini tak terjamin, apabila untuk digunakan sehari-hari.

Mengapa Ban Cacing Tidak Cocok Dipergunakan di Jalan Raya?

Ban Cacing Tidak Cocok Digunakan di Jalan Raya
Penggunaan Ban Cacing pada Motor Matic, via kupasmotor.wordpress.com

Penggunaan ban cacing dalam kegiatan sehari-hari menjadi salah satu contoh salah dari pemilik sepeda motor. Masalahnya, tapak ban yang mencengkeram aspal begitu sedikit.

Sehingga, akan sangat berbahaya apabila berada di jalan tertentu, seperti halnya :
  • Jalanan yang berlubang
  • Jalanan yang berbatu
  • Jalanan yang licin (kondisi hujan, tumpahan minyak, dll)
  • dan lain sebagainya

Motor akan sulit untuk dikendalikan apabila berada di dalam kondisi jalanan di atas.

Penggunaan ban cacing secara aturan juga melanggar aturan standar kendaraan. Ban yang lebih kecil ini mampu mempengaruhi performa cengkeraman ban ke aspal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harus Tahu! Pengertian Ban Cacing dan Bahayanya"

Posting Komentar