3 Perbedaan Suzuki GSX 150 Bandit dan GSX-S150

Suzuki GSX 150 Bandit merupakan produk terbaru yang dibuat oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda 2 yang dipamerkan, bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau yang dikenal dengan nama GIIAS 2018, yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan, pada tanggal 2 hingga 12 Agustus 2018.

Menurut dari Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, yang bernama Yohan Yahya, Suzuki GSX 150 Bandit masih 1 keluarga dengan GSX yang sebelumnya telah dipasarkan di Indonesia.

Bahkan, dirinya juga tidak menampik jika secara menyeluruh, desain motor tersebut mirip dengan motor sport naked GSX-S150. Semuanya itu sama, mesin sama, yang membedakan hanya di lampu, jok dan handling, serta rangka yang sedikit diubah.

Bahkan, desain dari lampu GSX150 Bandit tersebut mirip dengan Satria FU150 yang dipasangkan dengan menggunakan lampu LED. Akan tetapi, untuk penggunaan lampu rem masih menggunakan bohlam. Sedangkan, fitur keamanan motor juga sama menggunakan shutter key.

Perbedaan Suzuki GSX 150 Bandit dan GSX-150

Suzuki GSX 150 Bandit
Suzuki GSX 150 Bandit, via tmcblog.com

1. Dimensi

Apabila melihat Suzuki GSX 150 Bandit memang terlihat mirip jika dilihat sekilas. Namun, ternyata apabila melihatnya lebih dalam lagi, dimensi motor tersebut agak berbeda.

Untuk GSX 150 Bandit memiliki rincian :
  • Panjang 2.000 mm
  • Lebar 745 mm
  • Tinggi 1.035 mm

Sementara itu, untuk GSX-S150 memiliki rincian :
  • Panjang 2.020 mm
  • Lebar 745 mm
  • Tinggi 1.040 mm

2. Jok

Perbedaan yang selanjutnya terdapat pada ketinggian jok.

Untuk GSX 150 Bandit, dengan rincian :
  • Tinggi jok 790 mm
  • Jarak pijak 150 mm
  • Berat 135 kg

Sedangkan untuk GSX-S150, dengan rincian :
  • Tinggi jok 785 mm
  • Jarak pijak 155 mm
  • Berat 130 kg

Untuk jok di Suzuki GSX 150 Bandit, sekarang lebih menyatu, lebih tebal dan motor yang baru ini dipergunakan untuk sehari-hari atau daily use.

Masih ada perbedaan lain, jok di GSX 150 Bandit tersebut menggunakan jok tandem, sedangkan untuk GSX-S150 terpisah dan lebih tinggi pada jok penumpang. Frame yang ada juga sedikit diubah.

3. Tujuan Penggunaan

Untuk GSX 150 Bandit seperti yang sudah dijelaskan di atas, lebih ditujukan untuk penggunaan harian, sehingga dibawa riding atau berkendara jauh lebih enak dan lebih gesit.

Sementara itu, untuk GSX-S150 ditujukan bagi rider atau pengendara yang memiliki hobi.

Tak Saling Bertengkar Antara Suzuki GSX 150 Bandit dengan GSX-S150

Suzuki GSX 150 Bandit
Suzuki GSX 150 Bandit, via gridoto.com

Suzuki GSX 150 Bandit masuk ke dalam segmen sepeda motor sport naked yang berkubikasi mesin 150 cc. Tidak hanya bersaing dengan Yamaha V-Ixion dan Honda CB150R Streetfire, ternyata motor baru Suzuki ini bersaing pula dengan produk seperjuangan, GSX-S150.

Bahkan, untuk masalah harga, GSX 150 Bandit ini juga memiliki harga yang hampir mirip dengan GSX-S150, yakni sekitar Rp 24 jutaan. Namun, menurut dari Yohan Yahya, kedua model tersebut dipercaya tak akan saling "bertengkar", karena target konsumen dan karakter sepeda motor tersebut mempunyai perbedaannya masing-masing.

Untuk target penjualan, berharap jika motor baru keluaran Suzuki tersebut sudah diproduksi secara massal di Indonesia yang bisa terjual sebanyak 2.500 unit per bulan. Untuk pengiriman kepada konsumen dilakukan pada bulan September 2018.

Salah satu pangsa pasar atau target dari GSX 150 Bandit tersebut menyasar pembeli yang suka dengan motor sport dan anak muda yang dinamis.

Pesaing Ketat Sport Naked 150 cc

Yamaha V-Ixion dan CB150R
Yamaha V-Ixion dan CB150R, via beritagar.id

Senjata baru dari Suzuki, GSX 150 Bandit ternyata ikut serta memeriahkan pangsa pasar di kelas sport naked 150 cc. Sebelumnya, untuk kelas ini sudah diisi oleh Honda CB150R dan Yamaha V-Ixion.

Menurut dari Yohan Yahya, Suzuki GSX 150 Bandit tersebut sebagai salah satu bentuk pengisi celah di kategori street naked bike 150 cc. Masalahnya, kenyamanan menjadi salah satu faktor terpenting dalam pengembangan motor.

Maka dari itu, pabrikan Suzuki mencoba untuk melakukan desain bentuk jok yang lebih lebar dan memanjang. GSX 150 Bandit tersebut dipersenjatai dengan mesin 150 cc DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan menggunakan teknologi injeksi dan berpendingin cairan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Perbedaan Suzuki GSX 150 Bandit dan GSX-S150"

Posting Komentar