Wajib Antisipasi! 6 Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak

Seperti yang sudah diketahui oleh kebanyakan pengendara sepeda motor, tipikal dari motor Yamaha Vixion ini dibekali dengan tipe SOHC berkapasitas 150 cc.

Walaupun masih menggunakan SOHC, ternyata peminat dari motor naked milik Yamaha ini masih bejibun peminatnya. Berbagai macam alasan juga dilontarkan mengapa lebih memilih motor ini dibandingkan motor dari pabrikan lain yang sejenis di 150 cc.

Terlepas dari itu semua, setiap sepeda motor pasti memiliki masalah, kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Ada beberapa masalah yang mungkin kerap dialami oleh pengendara motor Vixion.

Salah satunya ialah mesin motor Vixion yang seringkali mati mendadak atau bahkan mati total. Lantas, mari kita cari tahu lebih dalam apa sebenarnya penyebab motor Vixion mati mendadak.

Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak

All New Vixion R
All New Vixion R, via guritnoandi.blogspot.com

1. Aki yang Sudah Soak atau Rusak

Aki yang sudah soak bisa menjadi salah satu penyebab motor Vixion mati mendadak. (Baca juga : Panduan Praktis! 12 Penyebab Motor Mati Mendadak)

Dari beberapa referensi yang sudah ditemui sebelumnya, apabila aki sudah soak, maka Anda terpaksa harus mengganti aki tersebut dengan yang baru.

Sementara itu, untuk mengetahui jika aki motor sudah soak atau masih bagus, Anda bisa secara langsung memeriksakan aki tersebut dengan menggunakan multitester atau jika kesusahan, bisa langsung berkonsultasi dengan ahlinya.

2. Sekering Mati atau Putus

Apabila motor Vixion Anda mati mendadak dan tak lagi bisa hidup seperti semula, bisa jadi penyebabnya putus pada sekering.

Cara mengatasi sekering yang putus, Anda perlu mengganti sekering yang baru, sehingga motor Vixion milik Anda bisa kembali menyala.

3. Tersumbatnya Selang Saluran Bensin

Adanya kemungkinan lain yang menjadi penyebab yakni pada selang saluran bensin yang tersumbat.

Untuk melakukan suatu pemeriksaan lebih lanjut, Anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan terhadap selang saluran bensin dari tangki motor menuju ke karburator ataupun injeksi.

Usahakan di setiap perjalanan yang dilakukan, minyak bensin tetap terjaga dengan lancar. Karena, apabila tersumbat, laju motor menjadi brebet dan akhirnya bisa mati total.

4. Spul Motor yang Sudah Rusak

Spul pada motor ternyata memiliki 2 macam fungsi.

Fungsi yang pertama, untuk mengatur bagian kelistrikan, terutama pada bagian lampu yang menmpel di seluruh bagian body motor. Spul ini begitu bermanfaat karena mampu mengalirkan arus listrik dari aki ke seluruh bagian lampu sepeda motor.

Fungsi yang kedua, pada bagian pengapian sepeda motor, peranannya dalam menguatkan arus listrik yang dibutuhkan oleh sistem pengapian sepeda motor guna menggerakkan ruang bakar pada mesin motor.

Jika spul motor rusak, maka mau tidak mau motor Anda harus dibawa ke bengkel motor resmi guna melakukan pengantian pada spul tersebut.

Pilihan editor :


5. Korsleting pada Kabel

Untuk penyebab motor Vixion mati mendadak yang ke-5 ini mungkin bagi Anda yang masih awam terhadap komponen kelistrikan, sulit untuk melakukan analisis secara mendalam.

Jika Anda asal-asalan memperbaikinya, bisa membuat sistem kelistrikan terbakar, karena motor Vixion ini menggunakan sistem ECU dalam proses pengapian. (Baca juga : Ngeri! Ternyata Ini 10 Penyebab Motor Terbakar)

Biasanya, ada masalah yang bisa diperbaiki seperti renggah di soket, di mana posisi kabel harus benar-benar tertancap kencang dan rapi. Setelah itu, nyalakan kembali motor Anda.

6. Kehabisan Oli Mesin

Pengaruh terbesar motor Vixion yang mati mendadak karena kehabisan oli mesin di mana bisa membuat mesin motor menjadi overheat, yang pada akhinya, bisa membuat mesin motor brebet.

Jangankan untuk distarter, kick-starter saja, mesin sulit untuk berputar.

Maka dari itu, Anda sendiri harus hati-hati apabila oli mesin habis, karena motor bisa mati mendadak dan butuh banyak biaya untuk mengatasi hal tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajib Antisipasi! 6 Penyebab Motor Vixion Mati Mendadak"

Posting Komentar