Ingin Aman? Inilah 10 Tips agar Terhindar dari Jambret

Aksi penjambretan memang menjadi tindak kejahatan jalanan yang terus atau seringkali terjadi secara berulang. Bahkan, para pelaku jambret juga tak hanya menjalankan aksi sekali saja, melainkan hingga puluhan kali, hingga berhasil dibekuk atau diberantas oleh polisi.

Hal ini menjadi kemungkinan besar karena modus yang dibutuhkan begitu sederhana, dengan cara mendekati korban, selanjutnya merampas barang berharga milik korban, setelah itu kabur melarikan diri secepat mungkin.

Berkaca dari banyaknya kasus penjambretan yang terjadi, entah itu di daerah yang memang benar-benar rawan seperti di tempat sepi, atau bahkan di keramaian di bebrapa titik kota tertentu, maka alangkah baiknya kita harus berhati-hati.

Entah kita pria atau wanita, tetaplah berhati-hati, karena berbagai macam aktivitas atau kegiatan, memang tak bisa dipungkiri jika kita sering menggunakan jalan raya sebagai salah satu medan lintas sebagai transportasi.

Maka dari itu, kita simak lebih dalam dan lebih lanjut lagi mengenai beberapa cara atau tips agar terhindar dari jambret.

Tips agar Terhindar dari Jambret

Tips agar Terhindar dari Jambret
Tips agar Terhindar dari Jambret, via otakpenjahat.com

1. Jangan Menggunakan Perhiasan yang mencolok

Tips agar terhindar dari jambret yang pertama ialah untuk tidak menggunakan perhiasan yang mencolok saat bepergian di tempat umum, entah itu sedang sendiri atau bersama-sama, tetap waspadai dan lebih baiknya jangan terlalu mencolok.

Penggunaan perhiasan yang terlampau mencolok mampu mengundang terjadinya berbagai macam tindak kejahatan, salah satunya yang tak ketinggalan ialah kriminalitas penjambretan.

Mengapa demikian? Karena perhiasan seringkali menjadi salah satu target yang begitu empuk untuk para jambret yang berseliweran. Maka dari itu, pergi ke manapun dan di manapun, Anda sebaiknya menggunakan perhiasan secukupnya saja.

2. Tidak Bermain Smartphone saat Berkendara

Selain melanggar lalu lintas, dan membahayakan diri sendiri hingga bahkan bisa membahayakan orang lain, perilaku menggunakan smartphone di jalan raya juga mampu memancing para pelaku tindak kejahatan.

Dalam beberapa kasus penjambretan yang terjadi, korban merupakan pengendara motor yang berfokus dalam menggunakan atau memainkan smartphone saat tengah berkendara di jalanan.

Maka dari itu, apabila memang ada hal yang penting yang harus Anda sampaikan ke teman atau keluarga, melalui telepon atau pesan singkat, alangkah baiknya untuk bisa berhenti walau sebentar, di tempat yang ramai.

3. Tidak Menyimpan Barang Berharga di dalam Tas

Pada beberapa kasus yang terjadi penjambretan, terkhusus pada korbannya itu ialah wanita, tas menjadi sasaran utama bagi para penjambret.

Hal ini dikarenakan kebiasaan dari wanita yang menyimpan semua barang bawaan dan barang berharganya di dalam tas.

Sementara itu, menyimpan barang berharga, entah itu dompet, smartphone dan lain sebagainya di saku celana, bisa menjadi salah satu solusi yang mampu meminimalisir tindak penjambretan.

4. Gunakan Tas Ransel

Biasanya wanita menggunakan tas lengan untuk membawa barang-barang bawaannya saat sedang bepergian. Jika memang memungkinkan, lebih baik diletakkan di depan, agar terlihat saat membawa motor.

Jauh lebih baiknya lagi, bisa dengan menggunakan tas ransel, sehingga lebih aman. Tas ransel lebih disarankan karena bisa dikunci pada punggung atau di depan juga.

Kunci yang ada di tas ransel begitu berguna, yang mana biasanya terletak di bagian perut dan ada juga yang di dada, sehingga sulit untuk dirampas.

5. Tampil Sederhana

Tampil Sederhana
Tampil Sederhana, via humairoh.com

Ya, memang biasanya kebanyakan dari pelaku jambret mengincar korbannya yang mempunyai penampilan glamour atau penampilan yang nyentrik. Sebisa mungkin, gunakan pakaian yang sederhana.

Entah itu mau tempat sepi ataupun tempat umum yang ramai, cobalah untuk membiasakan diri menggunakan pakaian yang sederhana. Sederhana di sini bukan memiliki maksud tampil apa adanya, melainkan sewajarnya saja.

Jangan juga pergunakan high heels, karena begitu nyentrik, bisa dilihat oleh banyak orang.

6. Tutupilah Tas Lengan dengan Menggunakan Jaket

Bila memang masih ngotot tetap ingin menggunakan tas lengan, alangkah baiknya untuk menutup dengan jaket yang longgar.

Sebisa mungkin jaket longgar, sehingga tak mencolok perhatian dari tindak pelaku kejahatan. Terlebih saat Anda sedang membata motor, sehingga tak mudah untuk dirampas.

7. Jangan Seluruh Uang Diletakkan di Saku

Sementara itu, memang di atas ada anjuran untuk menyimpan dompet di saku, melainkan jangan semuanya, cukup sebagian saja.

Tetap sisakan beberapa uang di beberapa tempat tertentu yang aman, yang sulit untuk dijangkau oleh jambret.

Yang terpenting, jangan sampai diri Anda terlihat menonjol, karena adanya dompet yang mungkin cukup tebal isinya.

8. Hindari Lokasi yang Rawan akan Tindak Kejahatan

Lokasi yang sepi dan minim adanya penerangan, seringkali menjadi salah satu tempat yang paling favorit untuk jambret dalam menjalankan berbagai macam aksi atau misinya.

Maka dari itu, sangat disarankan sebisa mungkin untuk menghindari berkendara di tempat yang sepi, terlebih di malam hari, karena sebagian besar penjambretan terjadi di malam hari, saat orang-orang lengah karena saking ngantuknya setelah seharian beraktivitas atau berkegiatan.

Apabila memang terpaksa harus melalui jalanan yang sepi, menunggu pengendara lain untuk melintas secara bersama atau beriringan juga menjadi salah satu cara yang unik, tapi aman, untuk menghindarkan diri Anda dari berbagai macam tindak kejahatan.

9. Jangan Lakukan Perjalanan Seorang Diri

Pelaku penjambretan biasanya akan mengintai korban yang sedang berkendara seorang diri. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menghindari berkendara seorang diri, terlebih saat akan melewati tempat yang sepi.

Hal yang masih bisa dilakukan ialah dengan cara meminta kepada teman atau bahkan keluarga untuk ikut serta menemani Anda.

Jikalau memang Anda benar-benar terpaksa harus sendiri, bisa tetap berhati-hati dan was-was, dengan cara menyiapkan kondisi fisik dan mental, serta berbekal pengetahuan yang cukup.

10. Selalu Waspada dan Amati Lingkungan Sekitar

Amati Lingkungan Sekitar
Amati Lingkungan Sekitar, via bandung.merdeka.com

Tips agar terhindar dari jambret yang selanjutnya ialah kembali lagi pada diri sendiri, untuk senantiasa waspada dan mengamati lingkungan yang ada di sekitar.

Apabila memang Anda melihat orang yang mencurigakan tengah mengikuti Anda, entah itu dari belakang dan dari sisi manapun, cobalah untuk merangsak masuk ke dalam keramaian, serta hindari untuk menuju tempat yang sepi.

Tidak hanya itu saja, waspada dan jangan mudah percaya dengan orang yang baru kita kenal di jalan itu juga perlu. Karena memang, biasanya beberapa orang di luar sana memiliki niat dan modus yang jahat.

Pada beberapa kasus penjambretan yang terjadi, pelaku seringkali mempergunakan modus dengan berpura-pura menanyakan alamat, di mana pada saat korban tengah menjelaskan dan dalam kondisi lengah, jambret langsung sigap merampas barang berharga milik korban.

11. Segera Berteriak Apabila Ada yang Memepet

Apabila Anda sedang berada di motor dan sedang melakukan perjalanan, serta Anda menyadari motor yang Anda tumpangi ini dipepet oleh pelaku atau hingga kawanan pelaku, janganlah segan-segan untuk berteriak, agar bisa mengundang warga datang dan menghampiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Aman? Inilah 10 Tips agar Terhindar dari Jambret"

Posting Komentar