Cek Sekarang! 7 Penyebab Lampu Motor Redup saat Digas

Saat Anda akan berkendara, terlebih itu pada saat malam hari dan melewati jalanan yang banyak tikungan, kurang lampu penerangan jalan, banyak lubang, tentu sistem penerangan pada kendaraan menjadi bersifat vital dan amat penting.

Saat melalui kondisi lintasan atau medan yang seperti ini, maka sistem penerangan pada sepeda motor harus benar-benar terang dan dalam kondisi yang terbaik. Lampu dekat dan jauh juga menjadi komponen penting dalam hal ini.

Masalahnya, apabila sepeda motor yang Anda gunakan minim sekali penerangan, terlebih di daerah yang sudah dijelaskan seperti di atas, akan sangat beresiko.

Resiko yang muncul bisa saja mencelakakan diri sendiri, atau orang-orang di sekitarnya atau bahkan pengendara lain yang lewat dari belakang atau lawan arah, karena kita tak memiliki penerangan yang cukup.

Akan tetapi, masalah penerangan pada sepeda motor yang seringkali terjadi dan dialami ialah pada saat digas, lampu motor tiba-tiba redup tanpa kita ketahui apa penyebab dan sama sekali tidak tahu cara mengatasinya.

Maka dari itu, untuk tidak terlalu larut dalam masalah ini, alangkah baiknya Anda menyimak beberapa penyebab lampu redup saat motor digas, yang justru kondisi ini sangat membahayakan, bisa saja terjadi tanpa kita sadari.

Penyebab Lampu Motor Redup saat Digas

Penyebab Lampu Motor Redup saat Digas
Lampu Motor, via piaa.com

1. Bagian Kiprok yang Rusak

Yang pertama, yang menjadi penyebab ialah pada bagian kiprok. Saat Anda melakukan tarikan gas, namun lampu kendaraan atau motor malah tiba-tiba redup dan tak berfungsi sebagaimana mestinya, kemungkinan masalah yang terjadi ini adalah kiprok yang sudah rusak.

Kiprok ini menjadi salah satu bagian yang penting dari kendaraan atau bagian dari lampu Anda yang memiliki fungsi dalam mengatur sistem kelistrikan pada sepeda motor Anda.

Apabila Anda menemukan masalah yang terjadi ini, alangkah baiknya untuk melakukan penggantian kiprok yang lama dengan kiprok yang baru, sehingga tak mengganggu kelancaran dan keselamatan perjalanan Anda.

Bagian ini sendiri juga kadang menjadi salah satu penyebab mengapa lampu motor mati semua. Maka dari itu, Anda perlu untuk mengetahui hal tersebut secara lebih lanjut.

2. Baterai atau Aki Motor yang Sudah Melemah

Seperti yang kita ketahui bersama, sistem kelistrikan yang ada di motor bersumber dari aki motor itu sendiri. Aki atau baterai pada motor memiliki fungsi sebagai alat yang mampu menyimpan arus listrik.

Untuk kebanyakan kasus, lampu motor yang redup saat digas juga ternyata tak terlepas dari pengaruh aki, yang sudah mulai soak atau aus.

Apabila aki yang berfungsi sebagai media penyimpanan arus listrik sudah aus, maka tentu komponen yang ada di motor Anda yang lainnya (yang bergantung terhadap sistem kelistrikan), juga akan mengalami yang namanya gangguan, salah satunya lampu motor Anda.

Maka dari itu, cobalah untuk tetap pastikan aki motor dalam keadaan yang baik, sebelum Anda menggunakan kendaraan, sehingga tak mendatangkan masalah yang menyusahkan nantinya.

3. Soket Lampu yang Karatan atau Longgar

Soket pada lampu yang karatan dan longgar menjadi salah satu faktur atau penyebab lampu motor redup saat digas.

Hal ini bisa terjadi oleh adanya karat yang ada di lampu Anda, menghalangi arus yang akan masuk ke lampu itu sendiri. Selain posisi soket yang tak pas atau longgar, bisa juga mengakibatkan arus listrik yang dialirkan pada bohlam lampu menjadi terganggu.

Karena posisi soket saja tidak pas pada posisi yang sebenarnya, secara otomatis, arus yang masuk juga tak akan berjalan dengan normal.

Apabila arusnya sudah tak lagi normal, maka bisa dipastikan cahaya atau terang yang dihasilkan oleh lampu menjadi tak maksimal seperti biasanya, terlebih saat motor digas. Jadi, untuk mengantisipasi adanya hal ini, cobalah untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap soket lampu motor Anda.

4. Sekring atau Relay yang Sudah Kotor

Biasanya, sekring atau relay sudah kotor dan karatan di dalamnya yang membuat lampu motor redup saat digas, karena pasokan listrik ke lampu menjadi minim.

Apabila menemukan relay atau sekring lampu yang sudah karatan atau kotor, maka cobalah untuk dibersihkan terlebih dahulu. Apabila tak bisa, maka Anda bisa membeli sekring yang baru, sehingga lampu motor bisa kembali normal seperti seharusnya.

Pilihan editor :

5. Telitilah Bagian Soket, Karena Bisa Saja Longgar

Penyebab lampu motor redup saat digas, salah satunya soket yang bisa saja sudah longgar, atau bahkan malah sudah lepas.

Cobalah untuk melakukan pengecekan jalur kabel dan soket yang mengarah pada lampu motor.

Setelah itu, perhatikan dengan teliti pada bagian soket tersebut, karena memang bahannya terbuat dari plastik, jadi kadang soket ada yang sudah longgar di dudukan dalamnya dan sudah tak lagi tersambung dengan kabel.

6. Kabel Lampu yang Melemah

Selain karena beberapa hal yang terjadi di atas, lelehan kabel sendiri juga ternyata mampu menyebabkan hambatan arus listrik. Sehingga, listrik yang dikirimkan oleh sumber arus ke lampu menjadi kurang maksimal.

Lelehan kabel tersebut juga bisa saja terjadi pada bagian soket. Terutama, pada saat kondisi soket yang terlampau panas.

Panas ini sendiri bisa muncul dikarenakan adanya loncatan elektron yang ada pada soket, di mana menimbulkan suatu peningkatan suhu yang ada di sekitarnya.

7. Masalah yang Terjadi di Bagian Voltage Stabilizer

Penyebab lampu motor redup saat digas yang terakhir yakni adanya masalah di bagian voltage stabilizer. Bisa saja diakibatkan oleh tak adanya voltage stabilizer yang terpasang pada sepeda motor Anda.

Voltage stabilizer ini memiliki fungsi penting karena energi listrik yang dihasilkan oleh kiprok dan disalurkan ke bagian lampu kendaraan, sehingga tetap bisa berjalan dengan stabil.

Jadi, apabila Anda melakukan gas atau akselerasi saat berkendara, lampu motor tak akan lagi redup, karena sudah terdapat voltage stabilizer yang nantinya mengaut sistem kelistrikan kendaraan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cek Sekarang! 7 Penyebab Lampu Motor Redup saat Digas"

Posting Komentar