Wajib Diperhatikan! 10 Cara Merawat Motor Baru

Terkadang terlintas di benak dan pikiran, bagaimana cara merawat motor baru? Untuk sebagian orang, masih banyak memang yang belum paham benar akan bagaimana cara merawat motor yang masih baru.

Tentu saja, Anda pasti tak ingin apabila motor yang Anda gunakan saat masih dalam hitungan bulan sudah masuk ke bengkel? Amat disayangkan apabila hal tersebut benar terjadi, karena Anda tak bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Sepeda motor merupakan kendaraan roda rua yang paling umum dipergunakan dalam menemani berbagai macam aktivitas atau kegiatan sehari-hari yang begitu mboile. Maka dari itu, Anda harus bisa merawat motor kesayangan Anda agar tetap nyaman saat dikendarai kemanapun Anda pergi.

Terlebih saat motor masih baru, inilah hal yang paling fatal dan susah-susah gampang untuk merawatnya. Lantas, bagaimana cara merawat sepeda motor baru? Yuk lihat penjelasannya!

Cara Merawat Motor Baru

Cara Merawat Motor Baru
Cara Merawat Motor Baru, via mobil-mewah.net

1. Baca Buku Panduan

Cara merawat motor baru yang pertama ini kadang disepelekan oleh siapa saja. Tidak hanya motor, kadang beli smartphone baru juga tidak membaca buku panduan.

Terkadang, orang menganggap dirinya lebih ahli bermodal browsing di Google, padahal ada yang jauh lebih penting yang tertera di buku panduan.

Buku panduan biasanya berisikan materi lengkap, oli yang digunakan, batas maksimal penggantian oli di berapa kilometer, dan masih banyak lagi yang lain materi yang disampaikan di buku panduan tersebut.

2. Jangan Bawa Beban yang Berat, Minimal Hingga 500 KM

Jika memang benar motor Anda masih baru, benar-benar fresh, sebaiknya jangan dahulu dipergunakan untuk membawa atau memuat beban yang terlalu berat, minimal jika kilometer motor tersebut sudah mencapai 500 km.

Selain itu, alangkah baiknya juga jalankan motor Anda dengan kecepatan yang stabil, jangan asal tarik gas dan rem mendadak, sehingga mesin motor Anda bisa tahan hingga dalam jangka waktu yang panjang selama bertahun-tahun lamanya.

3. Manfaatkan Servis Gratis Motor

Jika Anda membeli motor baru, pasti diberikan servis gratis motor. Kesempatan ini wajib Anda gunakan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga berhak mendapatkan ganti oli 3 kali jalan secara gratis pula. Khusus untuk perawatan motor dengan mesin 4 langkah, cobalah untuk menuangkan sedikit oli yang ada di knalpot, sehingga knalpot original tetap awet dan tidak mudah keropos.

4. Lakukan Tune Up secara Berkala

Cobalah untuk melakukan perawatan atau suatu pengecekan secara berkala (tune up).  Alangkah baiknya lakukanlah tune up ini setiap 2 bulan sekali ke bengkel, agar performa sepeda motor bisa tetap terjaga dengan baik.

5. Panasi Motor Sebelum Digunakan

Panasi Motor Sebelum Digunakan
Panasi Motor Sebelum Digunakan, via inbewara.com

Cara merawat motor baru yang ke-5 adalah panasi motor sebelum digunakan. Ini juga menjadi hal yang paling fatal karena biasanya orang atau masyarakat umum jarang memanasi motor sebelum dipergunakan, entah apa alasannya, memang benar-benar tidak tahu atau karena kesibukan tiap hari yang melanda.

Untuk memanasi motor juga jangan terlalu lama, cukup 5 menit saja sudah cukup. Mengapa hanya 5 menit saja?

Karena apabila lebih dari 5 menit, maka pipa knalpot menjadi menguning dan membuang-buang bahan bakar secara percuma, yang mengakibatkan keborosan.

6. Rajin Cuci Motor

Rajinlah untuk mencuci motor, karena memiliki tujuan agar kerangka dan mesin motor tak mudah berkarat dan keropos.

Biasanya, karat dan keropos disebabkan oleh adanya rintik-rintik air hujan yang membasahi body motor Anda. Karena, air hujan di dalamnya terkandung asam. (Baca juga : Gampang! Begini 12 Cara Merawat Body Motor, agar Cat Tidak Mudah Luntur dan Tetap Kinclong Setiap Hari)

Asam yang dibiarkan berlama-lama inilah yang bisa membuat keropos pada motor. Alangkah baiknya, apabila tak memiliki banyak waktu, cukup lap dengan menggunakan air bersih pada kanebo, sehingga asam yang menempel bisa hilang oleh air yang bersih.

7. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Saat memarkir motor secara sembarangan, terlebih terpapar oleh sinar matahari secara langsung, bisa mempengaruhi warna motor Anda.

Apabila hal demikian dilakukan secara terus-menerus, maka warna body motor Anda akan lebih cepat memudar. Jika memang tidak menemukan tempat yang teduh, bisa Anda gunakan mantel atau jas hujan untuk melindungi sepeda motor.


8. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas (Ber-Oktan Tinggi)

Gunakan juga bahan bakar yang berkualitas atau dengan kata lain yang memiliki oktan tinggi, di mana menjaga mesin motor agar tetap bisa terjaga dengan baik.

9. Ganti Oli secara Berkala

Jika memang servis gratis dan ganti oli yang diberikan dari dealer sudah habis, maka kelanjutannya jangan melupakan peran oli yang begitu penting tersebut. Hindari penggantian oli yang melebihi dari batas kilometer, karena oli mengencer dan bisa merusak mesin.

Cobalah untuk ganti oli setiap 2000 km di saat Anda melakukan tune up. Pilihlah oli asli yang berkualitas dan lakukan konsultasi dengan montir secara langsung, sehingga oli yang dipilih bisa sesuai dengan kebutuhan dari mesin.

10. Hindari Tarikan Gas Spontan (Geber Motor)

Hindari Geber-geber Motor
Hindari Geber-geber Motor, via okezone.com

Cara merawat motor baru yang terakhir hindari menarik gas yang secara spontan atau yang biasa disebut dengan geber motor, memang kadang tak memiliki tujuan, yang malah bisa mempercepat terjadinya aus di rantai mesin, kopling, stang piston, piston, hingga bahan bakar.

Apabila Anda memang pernah atau sering melakukan hal ini, sebaiknya sesegera mungkin hentikan. Apalagi saat sedang memanasi motor dan di jalanan raya, membisingkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajib Diperhatikan! 10 Cara Merawat Motor Baru"

Posting Komentar